selamat datang

Monday, May 30, 2016

KLISE



            Sebenernya aku bingung sama kehidupanku, rotasi kehidupan, apalagi dinamika, jalan hidup, atau apalah itu. Mau jadi apa aku nanti? Siapakah aku(?) yang jelas tetap jadi manusia si, tapi kalo kata orang bijak “barang siapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung. Barang siapa yang harinya sama atau bahkan lebih buruk dari kemarin maka dia adalah orang yang merugi” ada juga yang bilang gini “jangan jadi oaring yang konsisten, nanti hidupmu jadi ga berkembang” aku percaya si dengan 2 kalimat bijak tersebut tapiiii….

Namaku Reza Tama, terserah kalian mau panggil apa. Aku sendiri juga gak tau arti nama itu. Yang ku tau itu nama spesial banget di mata orang tuaku. Kalo dulu sebelum lahir aku boleh request sih aku mau di namain Vick G Bastian haha... seorang cowok yang katanya lahir 18 tahun lalu dikota ngapak, Banyumas Jawa Tengah. Orang tuaku bilang gitu. Aku orangnya ganteng, keren, kalem, asik, tapi sok cool. Itu kata dari beberapa mantan pacar ketika masih pacaran dulu. Tapi setelah putus mereka pada bilang aku pembohong, pemberi harapan palsu, bahkan ada yang bilang bajingan. Oke aku akui itu. Toh aku sendiri juga gatau siapa aku yang sebenarnya. Biarlah orang yang menilai, tinggal kita yang jalani hidup ini. But, Big Thanks to barisan para mantan :*

Aku blasteran orang TIMUR TENGAH, ya bapak berasal dari Jawa Timur, sedangkan Ibu berasal dari Jawa Tengah. Jadi aku adalah orang JAWA dari berketurunan TIMUR TENGAH asli dan tulen. Keren kan? Haha. Aku lahir dalam keluarga yang sederhana. Masa kecilku dihabiskan di tempat kelahiranku hingga duduk bangku SMP, aku pindah di tanah kelahiran bapak, didaerah ujung pulau jawa. Nggak terlalu ujung si sebenarnya. Sebuah desa dipelosok kota Jember, Jawa Timur. Tepatnya didesa Ambulu.

Aku masuk disalah 1 SMP ternama di Ambulu. Kehidupanku di SMP monoton, gak banyak perubahan. Bangun pagi sekolah, di sekolah belajar sampe pulang, mandi, makan, tidur, bangun lagi, sekolah lagi, lagi-lagi belajar di sekolah sampe pulang, mandi lagi, makan lagi, tidur lagi. Begitu siklus terulang tiap harinya. Yang spesial cuma diselingi dengan kegiatan belajar alat musik dan pacaran. Cinta monyet lah kalo orang bilang, pacaran hanya sebatas smsan. belajar musik, seluruh alat musik aku pelajari dari main gitar, kybot, hingga gamelan. Hasilnya cuma sebatas manggung diacara pensi sekolah. Klasik banget kan?


Lulus SMP sebenarnya aku pengen masuk SMK diluar kota, cari suasana baru, jauh dari orang tua dan pengen belajar mandiri. Tapi apalah daya, dengan kondisi keluarga yang pas-pasan aku mengurungkan semua niatan itu. Ibuk menyarankan aku sekolah SMA deket rumah, Bapak menyarankan aku masuk disekolah pesantren. Ada opsi lain selain 2 pilihan tersebut. Yaitu “kalo gamau sekolah disitu, yaudah GAUSAH sekolah TITIK” gitu kata ibuk. Kejam ya? Emang.  Setelah pikir panjang, Oke aku putuskan masuk disekolah pesantren, mondok. Jeng… Jeng… Dari sinilah petualanganku dimulai.

            Masuk disalah satu SMK yang berada dibawah naungan pondok pesanteren, sekaligus nyantri disana. Pilihanku jatuh menjadi santri karena, aku bosen dengan kehidupanku yang monoton, itu itu aja. Selain itu aku bisa kembali keniatan awalku, hidup jauh dari orang tua. Belajar mandiri, juga pengen tau apa yang ada dalam kehidupan pondok, dan gimana si rasanya jadi santri.

Awal mula masuk pondok sumpah gaenak, gabetah, sumpek, ngenes, pengen nangis, galau, stress, nyesek,  kesemutan, kram, panas dingin, mual, muntah-muntah, muntah darah, kejang-kejang, hingga sekarat. Haha.. enggak-enggak maaf bercanda. Intinya hari-hari pertama nyantri rasanya gaenak, pengen pulang, pengen keluar. Bayangin aja, bangun jam setengah 3 pagi solat malam tahajud, habis solat dzikir sampe subuh, terus solat subuh, selesai solat baca Qur-an sampe jam 6, setengah 7 harus udah disekolah formal, belajar biasa sampek jam 2 siang, istirahat sebentar sampe habis ashar langsung ngaji kitab sampe magrib, istirahat sampe isya’, ngaji lagi sampe jam setengah 10 malam, pulang masih harus ngerjain tugas sekolah sampe selasai kira-kira jam 11. Baru aja tidur, ga kerasa udah jam setengah 3 lagi, bangun lagi solat tahajud lagi, dzikir sampe subuh lagi, baca Qur-an lagi, sekolah lagi gituuuu terus. Capek? Banget tau ga, siapa aja yang pertama masuk pasti gabetah deh, yakin.

Tapi dari sinilah aku belajar apa yang namanya “Istqomah” yaitu menempuh dan melaksankan kewajiban dengan terus, teratur, dan tanpa mengharap imbalan apapun. Mungkin juga itu yang namanya “Konsisten”. Aku nyantri tentu dong punya temen, lebih tepatnya disebut sahabat. Sebut saja yang pertama mas Choi, seorang playboy cap gayung buat cebok yang sukanya mainin perasaan para santriwati, dia jago kalo masalah IT, bahkan bisa disebut hackernya sesekolahan. Selanjutnya ada bang Brayen, seorang pendekar dari negeri entah brantah yang otaknya agak mesum, tapi kalo soal debat jangan ditanya apalagi kalo tentang agama dia jagonya. Dan yang terakhir Iteng, pemuda kalem yang sok ganteng kalo didepan para santriwati, walupun sok ganteng ngomong-ngomong dia udah apal Al-Qur’an 15 jus loh. Mereka bertiga lah yang membuat kehidupan nyantriku jadi lebih hidup, dan ga monoton. Kami ber-4 kemana-mana selalu bareng, entah ngaji, sekolah, jama’ah solat, ngopi, jalan jalan, kemana pun bareng terus. Kecuali pas mandi & buang air loh ya, haha.

Selain ngaji sama sekolah, kami juga berlatih beladiri disalah satu perguruan silat. Brayen adalah salah satu dari seorang atlet silat di Jember. Dia sering ikut kejuaraan beladiri di tingkat kabupaten bahkan ditingkat provinsi.

Disamping itu mereka juga bisa memainkan alat music, ya kami iseng masuk ke studio buat sekedar main biasah, sebenernya si aku biasa aja, rasanya sama kaya diSMP dulu, tapi disini aku dapet feelnya, dan ku akui bukan hanya aku, kami ketagihan latihan music, karena efek candu tersebut kami jadi sering bolos ngaji & sekolah. Sehingga sering berurusan dengan pengurus pondok apabila kami ketahuan ngelimput demi maen ke studio. Keseringan ngeband, ga asik dong kalo cuma latihan, dan ga manggung. Kami iseng ikut even parade band yang di adakan disalah satu SMA di Ambulu. Kami membawa nama almamater kami tanpa sepengetahuan guru-guru sekolah. Dan hasilnya band kami berhasil menjadi juara terfavorit.

Oiya aku masuk di SMK itu ngambil jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). Jadi kalo soal hardware, software dan jaringan komputer jangan ditanya deh, bahasa pemrograman?  Java script, Virtual Bassic, HTML, CGI, ASP, PHP, C++, gampaaang. Sama kaya kuliah, ada yang namanya KKN (kuliah kerja nyata) tapi beda istilah, kalo dalam SMK namanya PRAKERIN (Praktek Kerja Industri). Ya waktu Prakerin dulu aku ditempatkan di sebuah perusahaan besar dan terkenal di Surabaya. Sekolahku bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Tapi hanya 1 murid yang boleh Prakerin disitu. Aku dipercaya Prakerin diperusahaan tersebut karena telah lolos seleksi.  Tentu bukan soal yang gampang bersaing dengan teman sendiri, aku mati-matian belajar demi dapet kesempatan langka ini. Tapi benar kata orang “hasil tak akan menghianati usaha”.

Prakerin di Surabaya, ga begitu menarik sih, pagi kerja, nerapin ilmu disekolah, dapet ilmu lebih dari para senior alias pegawai tetap, pulang sore, malem jalan-jalan keliling Surabaya, pulang terus tidur. Besok pagi kerja lagi, jalan-jalan lagi, tidur lagi, gitu sampe 3 bulan. Mungkin ini yang namanya kerja atau cari duwit ya? Ga sesuai sama kata orang kalo cari uang itu susah. Ohh atau mungkin gini lebih tepatnya, cari uang itu gampang, yang susah itu cari kerjanya.

Selang beberapa bulan setelah Prakerin, kegiatanku mulai monoton. Ngaji, sekolah, silat ngeband juga masih tetep aktif. Kegiatan tersebut berulang sampai kenaikan kelas 3. Masuk kelas 3 aku mulai mengurangi kegiatan ngeband dan lebih fokus ke pelajaran sekolah. Jelaslah secara udah mau ujian nasional, persiapan UKK (Ujian Ketrampilan Kejuruan), belum lagi Ujian masuk perguruan tinggi. Diawal-awal masuk kelas 3 aku langsung ditunjuk mewakili sekolah buat ikut olympiade matematika tingkat SMA sederajat se Jawa Bali yang diadakan oleh Universitas swasta ternama di Jember. Aku salah satu dari 6 siswa yang ditunjuk mewakili almamater. Otomatis kegiatanku kini lebih padat karena pulang sekolahn ada les tambahan buat persiapan olypiade. Jadi siang ga ada kata istirahat buatku. Hingga pada hari hari dimana ujian itu terjadi terdapat suatu kendala ketika berangkat, mobil guru yang kebetulan aku naiki gembos banya. Bingung? pasti karena waktu udah mepet. Untung saja ada ban cadangan, Guruku segera memberi komando agar ban tersebut segera diambil, guruku bergegas melepas dan memasang ban baru dengan cepat. Setelah selesai langsung saja melanjutkan perjalanan ke universitas tersebut, dan begitu masuk ruangan kata pengawas waktu mengerjakan kurang 15menit. Kaget bingung jadi 1. Aku gasempet mikir, langsung kucoret semua kertas jawaban tanpa melihat soal. Belum sampai waktu habis, aku langsung mengumpulkan jawabanku dan keluar. Mengecewakan? pasti lah, dan pikiranku sekarang bingung dengan hasil yang akan diumumkan 2 jam lagi, pasti jadi yang terahir. Dua jam menunggu akhirnya hasil telah dipampang dipapan pengumuman. Aku kaget dan bingung lagi, karena namaku tidak ada dalam urutan terakhir, yang bikin aku tambah shyok, ketika melihat 10 besar nilai tertinggi, aku terdapat diurutan ke 2. Kaget bingung, dan sempet shyok, ini yang namanya keberuntungan alias bejo?. Seketika itu namaku dipanggil untuk mengambil hadiah, aku mendapat beasiswa selama 4 semester di universitas tersebut.

Setelah kegiatan olympiad ini aktiviasku kembali seperti semula, tetep fokus UN dan UKK. Ga ada yang spesial dan waktu ga kerasa udah selsesai UKK dan UN. Oiya selesai UN aku keluar pondok, atau istilah santrinya boyong. Aku kembali hidup dengan orang tua sambil menunggu hasil ujian. Jadilah seorang pengangguran yang kerjaanya hanya tidur di rumah. Bingung mau kerja tapi mau kerja apa, ijasah belum ada. Bapak menyarankan agar aku kuliah, tapi pikiranku menolaknya, sekolah lagi? Bosen, enak langsung kerja. Sama ibu sebenernya gamasalah si langsung kerja, tapi apasalahnya coba-coba ikut tes dulu. Bingung bilang iya apa enggak, kadang bilang iya, kadang juga bilang enggak. Tapi walau bilang enggak, aku tetep belajar matian-matian soal tentang SBMPTN yang ada di internet.

Ada yang aneh dengan pandangan orang tuaku, tiba-tiba aku diajak oleh bapak kerumah seorang dokter. Gatau apa maksudnya, tiba-tiba aku disuruh menceritakan awal mula aku di masuk kepesantren. Aku ceritakan semua persis yang aku ceritakan diatas. Setelah cerita tersebut, besoknya hampir setiap hari aku di ajak ke rumah dokter tersebut, dan hampir setiap ketemu dokter aku diberi terapi dan gatau aku lupa, soalnya aku datang kerumah dokter, tidur, bangun terus pulang, mungkin dihipnotis kali. Gitu terus kurang lebih selama sebulan lebih, sehingga aku dinyatakan sembuh total. Setiap pergi kedokter, aku sering bertanya “kenapa si setiap hari harus kedokter terus?” Kata bapak “gapapa, udah nurut aja”. Yaudah apa boleh buat. Oiya, selain rutinitas ke dokter aku tetap fokus dengan belajarku, buat persiapan SBMPTN.

Setelah sembuh, kata dokter aku di fonis telah mengalami depresi berat saat di pondok, sehingga aku mengalami sedikit gangguan jiwa, dan memiliki kepribadian ganda. Iya, para sahabatku adalah aku, aku adalah Reza tama, Choi adalah aku, Brayen adalah aku. Kecuali iteng, dia adalah orang beneran. Jadi Choi dan Brayen adalah diriku yang lain, semacam ilusi tapi bukan ilusi, sugesti tapi bukan sugesti, gitu kata dokter. Aku gatau si. Awalnya emang ga percaya, tapi kenyataanya sekarang mereka berdua memanglah tidak ada. Metode penyembuhanya adalah menyatukan pikiran antara aku, Choi, Brayen.

Entahlah aku gatau caranya, mungkin dengan hipnoterapy itu. Jadi menurut penjelasan dokter ketika aku ngeband, aku menggunakan ke 3 diriku secara sekaligus kecuali iteng, iteng yang drum, aku yang gitar, bass rapel sama vokal(?) entahlah. waktu pertandingan silat aku menggunakan diriku sebagai brayen, waktu Prakerin aku menggunakan diri sebagai Choi, dan waktu olympiad aku menggunakan diriku yang sebenarnya Reza tama.

Dan proses penyembuhanku termasuk cepat, kata dokter aku yang sekarang memiliki keahlian, atau kemampuan yang dimiliki oleh Choy dan Brayen. Iya memang benar, aku yang sekarang ahli tentang bahasa pemrograman, silat juga bisa. Selain itu aku yang sekarang sudah tidak bisa dihipnotis, gendam atau apalah itu. Tapi apa benar aku udah sembuh total? Iya memang aku bisa merasakan aku pandai berkelahi, gampang kalo soal pemrograman, tanpa menjadi choi atau brayen. Yang jadi masalah, Aku berpikir bagaimana caranya agar aku tau kalo aku bener-bener sembuh total di mata orang. Ketemu jalan keluar, mungkin dengan cari lingkungan yang benar-benar ga ada orang yang mengenal aku, beradaptasi selama 3 bulan lah minimal. Lalu mengadakan survei, siapakah aku? Apakah benar-benar reza tama? choi? Bryen? atau bahkan yang lainya.

Lupakan masalah kepribadian ganda, aku kembali fokus ke persiapan ujian, aku daftar tes SBMPTN dan memilih jurusan di Sistem Informasi (Unsoed), Teknik Komputer (Unsoed), dan Sastra Indonesia (Unej). Ujian selesai, menunggu hasil selama sebulan dan aku keterima di Universitas Jember jurusan Sastra Indonesia. Lingkungan baru dan jarang orang yang mengenaliku disini. Gaperlu aku tulis awal masuk kampus si, ceritanya ga begitu menarik. Singkat cerita setelah 3 bulan ngampus aku melakukan observasi, survei, siapakah aku? Dan hasilnya semua teman-teman dekatku mengira aku adalah Reza tama. Ya emang itulah diriku yang sebenarnya. Aku plong sekarang, dan ga ada beban.

Sekarang yang ada dalam pikiranku adalah “Mau jadi apakah aku?” dan “siapakah aku?” kata orang bahasa sangat berpengaruh dikehidupan, memang 1 kata dapat merubah dunia. Dengan ilmu yang aku miliki, antara silat, ilmu pengetahuan, matematika, musik, dan bahasa Ya walau semunya masih abal-abal menurutku, apakah aku sudah bisa mengubah dunia?. Kalo masalah “siapakah aku?” bukan lagi soal kepribadian ganda, tapi siapa si diriku yang sebenarnya, atau mungkin istilah kerenya, Jati Diri. Iya Maujadi apakah aku? Siapakah aku?  Kalau kata Rene Descartes "cogito ergo sum" yang artinya “aku berpikir maka aku ada” seperti yang dijelaskan dalam wikipedia, Descartes ingin mencari kebenaran dengan pertama-tama meragukan semua hal. Ia meragukan keberadaan benda-benda di sekelilingnya. Ia bahkan meragukan keberadaan dirinya sendiri.

Descartes berpikir bahwa dengan cara meragukan semua hal termasuk dirinya sendiri tersebut, dia telah membersihkan dirinya dari segala prasangka yang mungkin menuntunnya ke jalan yang salah. Ia takut bahwa mungkin saja berpikir sebenarnya tidak membawanya menuju kebenaran. Mungkin saja bahwa pikiran manusia pada hakikatnya tidak membawa manusia kepada kebenaran, namun sebaliknya membawanya kepada kesalahan. Artinya, ada semacam kekuatan tertentu yang lebih besar dari dirinya yang mengontrol pikirannya dan selalu mengarahkan pikirannya ke jalan yang salah. Sampai di sini, Descartes tiba-tiba sadar bahwa bagaimanapun pikiran mengarahkan dirinya kepada kesalahan, namun ia tetaplah berpikir. Inilah satu-satunya yang jelas. Inilah satu-satunya yang tidak mungkin salah. Maksudnya, tak mungkin kekuatan tadi membuat kalimat "ketika berpikir, sayalah yang berpikir" salah. Dengan demikian, Descartes sampai pada kesimpulan bahwa ketika ia berpikir, maka ia ada. Atau dalam bahasa Latin: COGITO ERGO SUM, aku berpikir maka aku ada.

beda lagi kalau kata Emha Ainun Najib “Saya tak pernah berpikir. Pikiran saya bukanlah saya, sebagaimana peci bukanlah saya, tangan saya bukan saya. Yang berpikir itu otak saya, artinya tidak seluruh peralatan diri saya yang lain perlu terlibat berpikir. Jadi energi yang diperlukan oleh otak saya untuk berpikir dibimbing dan di-supply oleh akal. Akal itu sejumput rahasia Tuhan yang menyentuh syaraf otak tertentu. Melalui sentuhan ini saya mendapatkan gagasan, ide, visi, atau apapun yang disebut kreativitas. Jadi saya tidak kreatif, kreativitas hanyalah supply kepada saya. Kalau gagasan harus diolah, tinggal kita cemplungkan ke dalam sistem kerja otak, dan nanti ia bekerja sendiri, kita tinggal menunggu hasilnya, sambil main kartu, mengaji, atau bercanda dengan anak. Jadi sang Supplier tidak pernah aus. Tuhan tidak pernah berakhir, tinggal saya siap nempel Dia terus atau tidak.” Disitu sudah diterangkan dengan jelas, kalau kita berpikir itu bukan diri kita sendiri yang melakukanya, melainkan hanya otak saja, dan di saring oleh akal, akal akan memnyaring atau membimbing otak agar dapat menghasilkan suatu kreativitas. Kalau diibaratkan kita akan membuat wedang kopi, gagasan adalah kopinya, akal adalah airnya, otak adalah wadahnya (cangkir atau gelas), sedangkan supplier adalah pembikin kopinya. Jadi kalo salah 1 dari ke 4 unsur tersebut tidak ada, maka kita tidak dapat menikmati kopi tersebut. Tapi perlu digaris bawahi, sang pembuat kopi akan selalu dan terus membuat kopi tersebut agar kita dapat menikmati wedang kopi tersebut setiap saat. Tinggal bagaimana cara kita dekat dengan si pembuat kopi tersebut agar selalu tetap membuatkan wedhang kopi.

Haha keren ya ciptaan allah, beda kepala beda isinya. “Tuhan Maha Asyik, heuheuheu~” gitu kalo kata mbah sungencuk alias Sudjiwo Tedjo.
Jadi sekarang Mau jadi apakah aku? dan Siapakah aku? Biarlah tuhan yang menentukan, otak yang berpikir, lihat amati, dan jalani seperti sebuah klise.
 

No comments:

Post a Comment

".